Kemah Santri Se-Sumatera Akan Digelar Di Pulau Sabang Aceh

Kemah Santri Se-Sumatera Akan Digelar Di Pulau Sabang Aceh

Kompetisi Kemah Santri Pesantren yang bertajuk Lomba Perkemahan Penggalang Penegak LP3 Tahun 2022 akan digelar di Kota Sabang.

Penetapan Kota Sabang menjadi tuan rumah telah dinyatakan resmi oleh Ketua Satuan Komunitas Gerakan Pramuka Pesantren Kwartir Daerah Aceh, Ust.Andika Novriadi,M.Ag.

Sebelumnya, Ust.Andika menyatakan bahwa ia telah mengutus tim dari Sako GPP melalui surat tugas  Kwartir Daerah Aceh untuk melakukan surve di Pondok Pesantren Al-Mujaddid Kota Sabang pada bulan mei lalu.

Kemah Santri Se-Sumatera Tahun 2022 Di Pulau Sabang Aceh

Berdasarkan pengkajian dan telaah hasil surve dari kesiapan sarana dan fasilitas. Pondok Pesantren Al-Mujadid dinyatakan layak menjadi tuan rumah sesuai standar pelaksanaan kegiatan LP3.

Pada bulan maret lalu, kami sudah menyampaikan pernyataan tentang tuan rumah pelaksanaan LP3 dan tuan rumah, surat keputusan juga sudah terbit dari Kwartir Daerah Aceh, terkait waktu pelaksanaan sampai hari ini kami belum dapat memberi keterangan tanggal pasti, namun kemungkinan besar agenda ini digelar antara bulan Oktober atau November" jelas Ust.Andika

Ust.Andika menambahkan, bahwa Perkemahan Santri dengan sekema kegiatan LP3 pada tahun ini berstandar Se-Pulau Sumatera

" Kita sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pondok pesantren diberbagai provinsi, mereka menyatakan sangat antusias datang ke Aceh untuk mengikuti kegiatan, mungkin saja hal ini didasari pada pelaksanaan kegiatan tahun 2021 lalu kita memang membatasi jumlah peserta dan menutup registrasi kontingen dari luar Provinsi Aceh disebabkan gejolak penyebaran Covid-19, terlebih lagi pada tahun ini kegiatannya diselenggarakan di pulau sabang, pastinya ingin sekalian berwisata disana" tambah Ust.Andika

Saat ditanyakan tentang dukungan Pemerintah Aceh, Ustad Andika menanggapi sedang tahap konsolidasi dengan instansi pemerintah terkait.

Kemah Santri Se-Sumatera Tahun 2022 Di Pulau Sabang Aceh

"Saat ini kita masih dalam tahap komunikasi persiapan lahan dan sarana kegiatan dengan pihak tuan rumah kemudian dilanjutkan konsolidasi dengan Kwarcab dan pemerintahan Kota sabang, terkait dengan dukungan pemerintah provinsi kita yakini akan mendapat dukungan karena agenda ini jelas arah dan tujuannya. kita juga sudah beraudiensi dengan Kabid Kesantrian Dinas Pendidikan Dayah Aceh, selain itu selama ini kita sudah terbiasa bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah provinsi terutama Dinas Pendidikan, Kanwil Kemenag dan Dinas Pendidikan Dayah, kegiatan kita juga dinaungi oleh Kwartir Daerah Aceh, belakangan ini kita baru saja menyelenggarakan Kursus Mahir untuk Pembina Pramuka Pesantren Se-Aceh, agenda itu dihadiri Dinas Pendidikan Dayah Aceh" 

"Dengan kedatangan masa santri dari berbagai provinsi ke wilayah Aceh pastinya kita membutuhkan support dari pemerintah Aceh, kita patut berbangga bahwa Provinsi Aceh memiliki agenda pramuka khusus Santri Sesantren dan wadah organisasinya sudah disahkan secara resmi oleh kwartir sebagai Satuan Komnuitas Gerakan Pramuka Pesantren" tutur Ust.Andika menambahi penjelasan.

Pulau sabang merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki Aceh, tentunya akan memberi warna baru dalam kegiatan ditahun ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama